gambar

Senin, 02 November 2015

Istana Indah Dengan Sebutan Istana Kuning

  
Mungkin bagi orang orang yang menetap di kota ini, tak akan asing dengan kata Istana Kuning. Istana kuning  adalah sebuah tempat yang terletak di tengah kota Pangkalan Bun,  dengan bangunan yang terbuat dari kayu dan tamannya yang luas serta hijau.

Jika kita lihat dari namanya, mungkin pertama kali di benak kita istana itu berwarna kuning. Namun siapa sangka, kalau istana itu sama sekali tidak berwarna kuning. Istana itu adalah peningglan dari Kesultanan Kutawaringin yang ada di Pangkalan Bun.

Meskipun luas, namun istana itu hampir tidak ada isinya. Hanya lukisan lukisan dari raja raja terdahulu dan sebuah kereta kuda.

Tamannya pun tak kalah menarik dengan isi didalamnya, ditaman tersebut tumbuh beberapa pohon dan sebuah tugu kolam kecil di tengahnya. Letak istana ini pun strategis yaitu terletak ditempat lebih tinggi dari pada tamannya, jadi anda bisa bayangkan posisi istana dan taman tersebut seperti tangga (miring). Jika anda mengambil jalan di sampingnya anda akan tau betapa miring dan ekstrimnya tempat tersebut.

Namun, di balik diskripsi indah di atas, istana kuning ternyata memiliki peristiwa kelam, yaitu pada tahun 1986 seorang perempuan yang "sakit" dengan sengaja membakar istana tersebut. Namun, dengan cekatan pemerintah Pangkalan Bun membangun istana itu kembali, sehingga sekarang kita masih dapat mengunjungi istana tersebut walau bukan merupakan istana yang asli. 
Sekarang ayo kita jaga keasrian dan kebersihan peninggalan nenek moyang agar dapat tetap dilihat dimasa yang akan datang!!


http://www.1001wisata.com/wp-content/uploads/2012/06/istana-kuning-2.jpg

sumber: https://www.1001malam.com/surrounding/272/pangkalan-bun/istana-kuning.html dan https://panjiirfan.wordpress.com/2011/02/09/istana-kuning-langit-abu/


Admin: Mardiana Diana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar