gambar

Sabtu, 07 November 2015

MEMUDARNYA PESONA ALAM DI TANJUNG KELUANG


Sumber: https://suryagusti99.wordpress.com/2015/07/08/pangkalan-bun/


          Taman Wisata Alam Tanjung Keluang merupakan salah satu tempat wisata pantai yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun.
          Selain untuk tempat wisata, Tanjung Keluang juga merupakan wilayah untuk melestarikan flora dan fauna yang kini mulai langka, terutama satwa penyu. Menurut surat Keputusan Menteri Kehutanan No.046/Kpts-II/1984 tanggal 12 Maret1984 menetapkan Tanjung Keluang sebagai Taman Wisata Alam.
           Jika anda pergi ke Taman  Wisata  Alam Tanjung Keluang anda akan melihat pemandangan alam yang masih alami, terdiri dari air laut yang tenang, hamparan pasir putih luas dengan udara yang sejuk, tumbuhan cemara dan mangrove yang mengelilingi Taman Wisata Alam ini.
          Pantai Tanjung Keluang terbentuk dari hamparan pasir putih luas menghadap langsung ke laut Jawa yang membuat air dipantai ini cukup tenang. Pantai ini  sangat cocok untuk berenang dan berjemur dibawah terik matahari. Pantai ini  juga terletak jauh dari pusat keramaian, sehingga bagi anda yang mengiginkan suasana yang hening dan tenang, disinilah anda  akan mendapatkan semua kenyamanan itu.
          Jika potensi wisata yang terdapat di Pantai Tanjung Keluang dikembangkan, Pantai Tanjung Keluang ini dapat menjadi salah satu wisata  alternatif setelah Tanjung Puting.
          Selain itu semua, hal yang dapat anda lakukan dipantai, yaitu :
1.   Anda dapat melakukan  edukasi penyu, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk mengajarkan anda bagaimana cara melindungi satwa penyu yang kini mulai langka.
2.  Belajar melukis menggunakan getah nipah.
3.  Camping, Taman Wisata Alam Tanjung Keluang menyediakan fasilitas camping ground bagi anda yang ingin bermalam.

Tetapi semua itu kini mulai memudar. Kurangnya tingkat kesadaran wisatawan akan kebersihan membuat Taman Wisata Alam Tanjung Keluang ini kurang nyaman.

Walaupun hanya sedikit sampah yang dibuang di jalur pantai, tetapi lama-kelamaan sampah itu semakin menumpuk. Jika satu orang membuang sedikitnya 2 sampah dalam sehari, maka bayangkan berapa banyaknya sampah yang dibuang dalam 1 tahun.

Jika sampah itu semakin lama semakin menumpuk, maka ini juga dapat menggangu kelangsungan hidup flora dan faunanya, terutama satwa penyu.

Penyu akan membuat sarang tepat dimana penyu itu pertamakali ditetaskan. Jika tidak adanya ruang untuk membuat sarang bagi telur-telurnya, terus dimanakah penyu itu akan membuat sarang ?

Ayo! Bagi anda yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, Janganlah anda membuang sampah sembarangan disepanjang pantai!! Buanglah sampah ditempatnya untuk menjaga kelangsungan hidup satwa penyu!!

Admin: Bullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar