gambar

Sabtu, 07 November 2015

Pangkalan Bun Di Mataku


          Pangkalan Bun, kota kecil penuh dengan orang-orang yang sulit dipahami oleh diri-ku.

          Kota ini mempunyai hutan yang lumayan rindang dan luas. Kota ini juga masih agak tertinggal. Meski begitu, beberapa sekolah di sini  lumayan bagus karena sekolah terseebut dapat meraih banyak juara pada saat lomba tingkat provinsi.

          Kehidupan di sini lumayan nyaman sampai suatu hari ada orang yang membakar hutan-hutan di sini. Ini tidak seperti kabakaran biasa yang hanya membakar 1 hutan/daerah saja, tetapi kebakaran ini dilakukan berkali-kali dalam waktu dekat dan dilakukan di berbagai tempat yang berbeda ditambah lagi dengan api yang tertiup oleh angin yang membuat api lebih berkobar.

          Kabut asap pun melanda kota ini selama ± 2 bulan. Kabut asap ini tidak seperti kabut asap yang dulu. Kabut asap ini sangat tebal dan berlangsung hampir 24 jam. Jarak pandang terjauh pada kabut asap tertebal dalam pristiwa kabut asap ini adalah ± 1 meter. Pristiwa ini juga mengakibatkan kematian kepada anak-anak di bawah umur dan orang-orang lanjut usia, beberapa kecelakaan, libur panjang bagi siswa-siswa di daerah ini, dan juga mengacaukan jadwal penerbangan pesawat di daerah ini.

            Yang aneh dari daerah ini adalah sebagai berikut:
 1.     Masih adanya orang yang membakar sampah
 2.    Masih adanya orang yang merokok
 3.    Masih adanya orang yang tidak mau menggunakan masker
 4.    Masih adanya orang yang melakukan kegiatan jalan pagi ataupun berolahraga di luar rumah pada saat kabut asap yang sangat tebal
 5.    Adanya pembakar-pembakar hutan yang baru
     
       Pertanyaan ku adalah :
 1.     Bukannya asap di daerah ini sudah cukup banyak kabut asap? (bagi para perokok beserta pera pembakar sampah)
 2.    Bukannya sudah cukup banyak hutan yang sudah kalian bakar? (bagi para pembakar hutan)
 3.    Bagaimana jika hewan-hewan yang habitatnya terbakar menyerang perkebunan yang kalian buka bahkan pemukiman? (bagi para pembakar)
 4.    Apakah kalian ingin terkena ispa? (bagi orang yang tidak ingin menggunakan masker beserta para orang yang masih berolahraga pagi)
               
Admin: Ten_GokuExShINJudgement
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar