gambar

Senin, 02 November 2015

Tanjung Putting Yang Tersingkirkan

 

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/09/27/nvcgi1361-hutan-terbakar-orangutan-masuk-permukiman-warga

               Taman Nasional Tanjung Putting adalah cagar alam dan suaka marga satwa di Pangkalan Bun. Taman Nasional ini dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan langka. Orang utan adalah salah satu hewan langka yang paling terkenal dari Taman Nasional Tanjung Putting. Tanjung Putting adalah tempat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Taman Nasional Tanjung Puting ditetapkan UNESCO sebagai Cagar Biosfir pada tahun 1977 dan merupakan Sister Park dengan negara Malaysia. Coba kalian pikir? Bukankah Taman Nasional ini adalah salah satu kebanggaan Indonesia yang harus kita jaga? Namun, belakangan ini ada berita yang mengabarkan bahwa 16 hektar hutan yang menjadi bagian Taman Nasional Tanjung Putting terbakar dan menyebabkan beberapa satwa langka seperti orang utan ikut terbakar. Hal yang menyedihkan bukan? Bahkan sebelumnya 2 orang hutan keluar dari habitatnya karena tidak tahan dengan CO2 yang terus mereka hirup dan panasnya udara karena hutan yang terbakar. Bagaimana rasanya terusir dari habitat sendiri?

Sumber: http://nasional.tempo.co/read/news/2015/10/22/206712010/16-ribu-hektare-hutan-taman-nasional-tanjung-puting-terbakar

              Hewan langka dan habitatnya harus dilindungi bukan diakhiri. Kalimantan Tengah juga merupakan provinsi dengan tingkat pembakaran hutan terparah. Mereka punah bukan karena seleksi alam, tapi karena predator paling jahat dimuka bumi, yaitu manusia.  Belajarlah mencintai alam sendiri, kekayaan bumi. Sangat memalukan jika kita tahu bahwa banyak orang luar yang ikut serta membantu pelestarian dan peduli terhadap Tanjung Putting. Kita yang harusnya menjaga dan melindungi malah tega menyakiti bahkan membunuh mereka secara perlahan.

             Seiring berjalannya waktu manusia populasi manusia semakin bertambah. Disalah satu sisi manusia harus melangsungkan hidupnya, sedangkan disisi lain mengorbankan banyak nyawa. Salah satunya Orang utan. Apakah kita sadar? Orang utan yang menjadi pesona Indonesia telah banyak berkorban untuk kita dengan kehilangan habitatnya, sumber makanannya, bahkan nyawanya untuk kelangsungan hidup manusia.

              Jika saat ini kita masih belum melakukan apa-apa, maka apa yang dapat menyelamatkan mereka. Bahkan keturunan kita selanjutnya belum tentu dapat melihat kembali spesies langka ini. Kepedulian kita sangat penting bagi kelangsungan mereka. Lindungi dan sayangi mereka... Generasi emas yang menjadi penerus harus mampu berpikir bagaimana cara melindungi mereka. Generasi sekarang juga harus membimbing generasi penerusnya untuk lebih peduli terhadap sesama mahluk hidup, entah manusia, hewan ataupun tumbuhan. Mereka juga mahluk hidup yang ingin terus hidup dan ada dimuka bumi ini.

 

Sekian dari saya.. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita... Sampai ketemu di artikel selanjutnya... Bye..

Admin: Ana Ananda

1 komentar: